Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal Untuk Industri

24 02 2011

Pendahuluan

image

Generator

Pada intinya semua sumber listrik dari pembangkit listrik itu dihasilkan oleh generator, generator adalah sebuah mesin yang berputar dan merubah energy mekanik menjadi energy listrik dengan menciptakan sebuah putaran relative antara gelombang magnet dengan sebuah konduktor.

Sumber yang digunakan untuk memutar generator ada bermacam-macam tergantung pda teknologi yang digunakan pembangkit listrik dan bahan bakar yang digunakannya.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas

image

PLTG KAMOJANG

Biasanya untuk pembangkit listrik dengan tenaga panas ini menghasilkan uap. Energy yang dihasilkan oleh mesin pembangkit ini mengubah energy panas menjadi energy rotasi, akan tetapi tidak semua energy panas akan menghasilkan uap, hal ini dijelaskan di hukum termodinamika kedua akan ada panas yang terbuang ke alam. Namun panas yang terbuang ini bisa dijadikan pembangkit listrik dan digabungkan dengan pembangkit listrik panas tenaga uap yang biasa disebut dengan pembangkit listrik tenaga hybrid.

Ada banyak sekali tipe-tipe pembangkit listrik tenaga panas diantaranya, nuklir, bahan bakar fosil, tenaga panas bumi. Yang akan saya jelaskan disini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang akan dipakai ke industry-industri.

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi sebagai energy penggeraknya. Banyak sekali geothermal yang dihasilkan di Indonesia karena banyaknya gunung berapi, kecuali Kalimantan saja yang tidak memiliki potensi geothermal.

PLTG mengambil uap panas dengan mengebor dalam-dalam potensi geothermal yang biasanya berada di daerah vulkanik lalu air panas yang terkandung dalam tanah dekat air mancur panas disalurkan ke permukaan dengan pemboran untuk mengekstrak dan menghasilkan listrik.

image

Alur Pembangkit Listrik Tenaga Gas Bumi

Generator

Generator pada pembangkit listrik geothermal berfungsi sebagai mesin yang mengubah energy mekanik menjadi energy listrik yang nantinya akan disalurkan ke jaringan transmisi. Jaringan transmisi ini yang nantinya akan membagi energy ke tidak hanya industry-industri saja tapi juga ke masyarakat pelanggan.

Sumur Produksi

Sumur Produksi

imageSumur produksi ini digali ke dalam bumi untuk memungkinkan mendapatkan air panas yang terkandung dalam akuifer yang akan dipompa untuk menghasilkan listrik.

Sumur produksi ini yang nantinya akan menampung uap air panas bumi dan disalurkan ke pipa-pipa.

Sumur produksi akan menggali ke kedalaman sekitar 50-100 Km ke bawah tanah di daerah magma atau daerah vulkanik mengintrusi lapisan-lapisan batuan dengan membawa temperature yang tinggi (900-1200 derajar celcius) menuju kedalaman dangkal yang berkisar antara 2-10 Km. Di bagian dalam tanah ada yang namanya Reservoir, reservoir ini adalah batuan yang memunyai porositas dan permeabilitas yang baik serta mengandung fluida panas akibat adanya panas Bumi. Reservoar umumnya dilapisi oleh batuan penutup (caprock) yang impermeabel dan berhubungan dengan permukaan area resapan.

Lahan Panas Bumi / Lahan Geothermal

image

Lahan geothermal terdapat di daerah kerak bumi dimana kantong air panas dibatasi cukup dekat ke permukaan untuk dieksploitasi.

Panas bumi dihasilkan dari air tanah yang dipanaskan oleh magma bumi sehingga menjadi uap panas bertekanan tinggi di dalam bumi. Geothermal ini merupakan energy terbarukan karena air tanah ini tidak akan pernah habis ketika pemakaiannya. Air yang ada dibawah tanah ini dapat terisi ulang dengan proses hujan ataupun dibuat secara sengaja.

Tekanan Akuifer

Lapisan batuan sedimen berpori antara dua lapisan kedap air dimana air terakumulasi pada suhu antara 300 ° F dan 750 ° F.

Lower Confining Bed

Lapisan batuan kedap air yang mentransmisikan panas dari ruang magma ke akuifer.

Magma Chamber

Saku magma (batuan cair yang muncul dari kerak bumi) yang merupakan sumber panas, tetapi memancarkan energi panas ke air.

Upper Confining Bed

Lapisan batuan kedap air yang menutupi akuifer tertekan.

Separator

Separator atau pemisah adalah alat untuk memisahkan uap dari air, yang nantinya digunakan untuk menggerakan turbin .

Turbin

Mesin uap dengan roda sebagai tenaga penggeraknya yang menghasilkan energy mekanik ke generator dan yang menyebabkan generator dapat berputar agar menghasilkan listrik.

Sumur Injeksi

image

Sumur Injeksi

Sumur injeksi ini yang membuat pembangkit listrik ini sebagai pembangkit listrik terbarukan. Sumur injeksi ini digali sedalam-dalamnya sampai mencapai confined aquifer atau tekanan akuifer. Air yang sudah dipisahkan dengan uap dialiri kembali ke sini atau tampungan dari hujan dan lain-lain agar bisa dipanaskan oleh vulkanik dibawah bumi.

Steam

Steam atau uap adalah bentuk gas dari air, uap air inilah yang nantinya digunakan untuk mengoperasikan turbin.

Liquid

Liquid atau air terbuat dari hydrogen dan oksigen yang dapat berubah menjadi uap air dalam temperature 212 derajat farenheit. Air ini juga yang menghasilkan panas bumi atau geothermal.

Water Steam Mix

Air panas yang sudah diekstraksi dari akuifer naik ke atas sehingga uap panas dan air panas tercampur disini. Ini yang dissebut water steam mix. Dibutuhkan separator untuk memisahkan antara uap panas dengan airnya.

High-Tension Electricity Transmission

imageDibutuhkan jalur kabel yang sangat panjang untuk mengalirkannya ke pelanggan termasuk industry – industry dan rumah – rumah penduduk.

Karena panjangnya jarak transmisi dari pembangkit ke penduduk maka tentu saja akan ada energy yang hilang dan makin lama akan benar-benar hilang. Oleh karena itu sebelum ditransmisikan ke pelanggan maka diperkuat dulu dengan trafo step-up.

Voltage Increase

Dibagian akhir dari pembangkit terdapat trafo yang membangkitkan menaikkan voltase listrik. Trafo ini disebut trafo step-up, dengan trafo ini dapat mengurangi hilangnya energy saat ditransmisikan jauh ke para pelanggan.

Cooling Tower

Cooling tower atau menara pendingin adalah alat untuk merubah uap panas menjadi air kemabli saat menyentuh atau terjadi kontak dengan udara. Sebagian dari air ini menguap dan sisanya diinjekkan atau dimasukkan kemabli ke condenser dan akuifer.

Condenser

Condenser adalah alat untuk mendinginkan uap dari turbin dan mengkondensasikannya kedalam air.

Alur Listrik Menuju Industri

Setelah tegangan dinaikkan melalui trafo step-up maka energy tidak akan hilang saat akan di alurkan ke gardu-gardu listrik.

Walaupun sudah dinaikkan tegangannya melalui trafo step-up akan tetapi energy loss ataupun

image 

Gardu

kehilangan energy saat dialiri ke gardu tetap saja aka nada energy loss di perjalanan hanya saja tidak akan hilang semuanya. Setelah energy listrik ini sampai di gardu maka dimasukkan lagi ke trafo step-up agar tegangan ditinggikan kembali dan siap dibagikan ke pelanggan.

Saat di gardu sebelum di alirkan ke pelanggan, dalam hal ini industry karena bahasan yang saya utarakan adalah tentang industry maka akan melalui trafo step-down terlebih dahulu agar tegangan dikurangi jumlahnya sesuai dengan daya contracted industry tersebut.

Daya contract hanya ada di industry-industri sehingga industry perlu melakukan manajemen penggunaan listrik tidak seperti listrik-listrik perumahan, semisal lampu TL dinyalakan hanya 3 jam, mesin produksi selama 12 jam dan overhaul selama 2 jam.

Daftar Pustaka

http://www.en.wikipedia.org

http://visual.merriam-webster.com/energy/


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: